Kamis, 08 November 2012

SEBERAPA KUATKAH IMPIAN ANDA?

oleh Tata Sutarya pada 28 September 2012 pukul 23:55 ·


Sering kita menyepelekan yang namanya impian.  Mungkin karena orang yang memiliki impian biasanya diidentikkan dengan penghayal yang konotasinya selalu buruk.  Padahal sebenarnya mereka yang berani bermimpi besar mencirikan punya jiwa optimis, Berbeda dengan mereka yang bermimpi saja tidak berani. Belum lagi bila kita melihat cerita dari orang-orang sukses, mereka adalah para pemimpi. Jauh sebelum menuai kesuksesannya mereka sudah merancang impian yang terkadang tidak masuk di akal orang lain.

Ibarat wanita cantik yang diidam-idamkan si pemimpi akan berupaya keras meraih wanita idamannya.  Ia akan bekerja keras menembus jarak dan waktu.  Tidak peduli jaraknya yang begitu jauh ataupun harus menunggu begitu lama, asalkan impiannya terwujud. Bahkan semua yang dimilikinya ia korbankan demi impiannya. Begitu kuatnya impian sampai menyedot semua tenaga dan fikiran manusia.

Seperti apakah impian yang kuat yang bisa membuat otak selalu berputar, tangan dan kaki selalu melangkah, bibir dan lisan selalu bergetar, dan seluruh anggota tubuh selalu ingin bersimpuh dihadap-Nya ketika harapan akan mimpi itu semakin kuat mewujud ?.

Ada ayat yang menarik untuk diangkat disini. Ketika Allah menggambarkan Surga sebagai impian kaum beriman, Allah menggambarkan sebagi berikut :
“Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan: "Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu." Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada istri-istri yang suci dan mereka kekal di dalamnya. (QS.2:25)

Dalam ayat di atas Allah mengajarkan kepada kita bahwa impian itu harus bisa divisualisasikan seolah-olah nyata dalam kehidupan.  Allah menggambarkan surga dalam tiga jenis visualisasi berupa : 1) sungai-sungai, 2) buah-buahan dan 3) istri-istri.  Keindahan sungai terletak pada gemiricik airnya. Keindahan buah-buahan terletak pada pandangan warna warni dan ranumnya.  Sedangkan keindahan seorang istri terletak pada bergetarnya rasa dalam hati ketika berdekatan dengannya.  Sehingga ada tiga visualisasi dalam hal ini yaitu Pendengaran (gemricik aliran sungai), Penglihatan (ranumnya buah-buahan) dan Perasaan (keindahan seorang istri).

Jadi impian yang kuat itu adalah impian yang bisa kita rasakan begitu kuat dalam diri kita sampai seolah-olah kita bisa mendengar suara-suara yang terjadi dalam impian kita, bisa juga seolah terlihat begitu jelas warna dan bentuk gambarannya bahkan bisa dengan jelas dirasakan getaran kesenangan dan suka citanya ketika impian itu terwujud.  Sehingga jika impian kita sampai bisa sedemikian rupa maka ia akan benar-benar bisa terwujud lebih mudah.
Dan begitulah seharusnya kita berdo’a memohon kepada Allah.  Selain dengan kesungguhan dan etika berdo’a yang benar juga perlu dibantu dengan visualisasi yang nyata dan detile

Selamat mencoba memvisualisasikan impian-impiannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar